Scroll to Top

CALON MAHASISWA

By Ujianto Faperta / Published on Thursday, 14 Sep 2017 05:15 AM / No Comments / 71 views

Penerimaan Mahasiswa
Penerimaan mahasiswa dapat berupa penerimaan mahasiswa baru dan penerimaan mahasiswa pindahan. Mulai Tahun Ajaran 2013/2014 penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu penerimaan mahasiswa baru jalur undangan (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SNMPTN), jalur tes tulis (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN), dan jalur tes mandiri. Porsi penerimaan mahasiswa baru melalui masing-masing jalur tersebut ditentukan oleh kebijakan nasional dan kebijakan Rektor. Khusus untuk mahasiswa Program Studi Agribisnis Non Reguler, penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui jalur tes mandiri.

1. Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur SNMPTN
SNMPTN merupakan proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan yang berlaku secara nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Lokal di Unram berdasarkan ketentuan yang ditetapkan oleh Panitia Pusat SNMPTN. SNMPTN dilaksanakan melalui Penjaringan Prestasi Akademik (PPA), Hasil Ujian Nasional dan prestasi lainnya. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPTN adalah sekolah (SMA/SMK/MA/MAK) negeri maupun swasta yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Proses SNMPTN, sejak pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil, berlangsung secara serentak dengan perguruan-perguruan tinggi negeri lain di seluruh Indonesia yang bersepakat bergabung untuk melaksanakan SNMPTN.
Calon mahasiswa Fakultas Pertanian melalui tes SNMPTN berasal SMA, MA, SMK, atau sekolah menengah sederajat jurusan IPA (Sains dan Teknologi).

2. Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan belajar di perguruan tinggi melalui ujian tertulis. Ujian tertulis SBMPTN terdiri atas dua jenis tes, yaitu tes kemampuan dasar umum yang berbentuk Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan tes kemampuan dasar bidang ilmu diberikan dalam dua mata uji yang berbeda sesuai bidang ilmu yaitu Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) dan/atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum).
Calon mahasiswa Fakultas Pertanian melalui tes SBMPTN dapat berasal dari segala bidang ilmu yang ada di SMA, MA, SMK, atau sekolah menengah sederajat.

3. Penerimaan Mahasiswa Baru melalui Jalur Mandiri
Penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri dilakukan bagi program studi yang tidak melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN seperti Program Studi Agribisnis Reguler Sore (Non Reguler). Test Mandiri dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN. Pengumuman kelulusan mahasiswa melalui Test Mandiri dilakukan sebelum berakhirnya periode pendaftaran mahasiswa baru seperti yang diatur dalam Kalender Akademik Universitas.
Syarat dan ketentuan yang berlaku dalam proses penerimaan mahasiswa melalui Test Mandiri pada prinsipnya sama dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam penerimaan mahasiswa melalui SBMPTN kecuali mahasiswa baru yang diterima melalui tes mandiri berasal dari SMA/SMK/MA/MAK jurusan Sains dan Teknologi (Saintek).

Pendaftaran Ulang Mahasiswa
Pendaftaran Ulang harus dilakukan oleh setiap mahasiwa agar tercatat sebagai mahasiswa aktif pada semester yang akan berlangsung. Pendaftaran Ulang dilakukan melalui tahapan pembayaran SPP (UKT) untuk semester yang akan diikuti melalui universitas dan Pendaftaran Program Semester di fakultas. Waktu pembayaran dan besarnya SPP (UKT) yang harus dibayarkan ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor.
Yang berhak melakukan Pendaftaran Ulang adalah:
1. Mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima di Unram melalui mekanisme penerimaan mahasiswa baru seperti diuraikan di atas
2. Mahasiswa lama yang pada semester sebelumnya aktif di program studi dalam lingkup Fakultas Pertanian Unram
3. Mahasiswa yang tidak aktif pada semester berjalan, tetapi mememperoleh ijin Cuti Akademik dari Rektor.
4. Mahasiswa pindahan antar program studi dalam Unram dan/atau mahasiswa pindahan dari luar Unram yang telah menyelesaikan prosedur perpindahannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah dinyatakan diterima di program studi yang diinginkan.
Mahasiswa yang tidak melaksanakan proses Pendaftaran Ulang pada periode yang telah ditetapkan oleh universitas dianggap tidak dapat mengikuti kegiatan akademik pada semester berjalan. Dalam keadaan seperti ini, mahasiswa yang bersangkutan disarankan untuk mengajukan Cuti Akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *