Scroll to Top

KLINIK KONSULTASI PS. AGRIBISNIS: Kiat Mencari Kerja Selepas Kuliah

By Ujianto Faperta / Published on Friday, 20 Oct 2017 15:37 PM / No Comments / 509 views

Klinik Konsultasi PS. Agribisnis (1): Kiat mencari kerja selepas kuliah

  • Mencari kerja tidak gampang. Umumnya mengabdi sebulan atau lebih tanpa gaji yang jelas…, jika tidak ada orang dalam, sulit tembus untuk  dapat kerja?  Fakta umum..
  • Baca keadaan secara cermat agar tidak terkena dampak negatif. Hindari kondisi yang membuat kita mudah dimanfaatkan orang.
  • Tunjukan secara santun prestasi bahwa kita bisa bekerja dan mandiri dalam memecahkan masalah. karena itu selalu lah meningkatkan ilmu dan keterampilan.
  • Jangan menggurui atau melawan sistem secara fulgar. Kalau sistem ditemukan cacat dan mau diperbaiki, lakukan secara santun sehingga tidak berdampak negatif pada yang bersangkutan.
  • Bos ada yang bersifat boshi: sok semuanya. Terlambat datang, perintah saja, tampa simpatik, mudah menyalahkan staf, dan lain lain kondisi yang tidak bagus.  Kendalikan emosi jangan sampai kita berseberangan dengan bos secara fulgas.  Jaga jarak secara terselubung.
  • Terus baca perubahan dan perkembangan, evaluasi peluang dan dapatkan pilihan yang lebih baik.
  • Selama tidak ada pilihan, tetap saja berkarya megoptimalkan produksi, dengan niat ibadah. Gaji finansial bukan merupakan pertimbangan utama.  Ikhlaskan kerja untuk  ibadah dengan harapan mendapatkan reward yang intangible (kepuasan, ketenangan).
  • Sandarkan diri selalu ke atas. Begitu ada gelagat yang merugikan…lapor ke atas agar segera diberi perbentengan sehingga tidak terkena dampak negatif dati kondisi yang terjadi.
  • Gaji tidak ada, mau ringankan beban orang tua? Kantor membayar gaji jika tersedia anggaran.  Penggunaannya harus tunduk pada aturan yang berlaku.  Pikirkan binis sambilan yang memungkinkan.  Selalu berusaha untuk  meningkatkan keterampilan dalam banyak bidang.  Bisnis ada yang butuh modal, ada yang butuh tenaga dan pikiran.  Inventarisir semua peluang yang ada, lalu jajaki kegiatan yang paling mungkin dikerjakan dalam keondisi yang ada.  Selalu memnita tolong ke atas, minta petunjuk pekerjaan mana yang menyelesaiakan masalah.  Penuhi syarat agar do’a terkabul.
  • Komunikasikan dengan orang tua, bicara dari hati ke hati tentang keadaan yang sedang dihadapi, minta orang tua ikut doakan agar segera ditemukan jalan keluar terhadap kemelut yang ada. Secara emosional, orang tua merasa bahagia melihat anaknya sopan dan pengertian, walau dalam kepapaan.

PSA, 16 Oktober 2017

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *