Scroll to Top

MOTIVASI: TAKUT PADA HANTU?

By Ujianto Faperta / Published on Saturday, 30 Dec 2017 01:38 AM / 2 Comments / 419 views


Oleh: Abdullah Usman

Seorang Mhs memprotes kalau dirinya jadi korban. Pasalnya, judul skripsi yang dia ajukan disalip oleh Mhs lain. Mhs A mengajukan judul P, namun karena dia enggan dan takut menghadap Kaprodi untuk pengesahan judul maka Mhs B yang juga mengajukan judul P tersebut dan berhasil mendapatkan pengesahan judul, B lah yang menggunakan judul P tersebut. Pertanyaannya, kenapa Mhs A takut menghadap untuk pengesahan judul? Lebih mendasar pertanyaannya adalah kenapa seseorang takut, apa yang ditakuti, haruskah rasa takut itu dipelihara?
Ada dosen pergi piknik ke Aikbuka Loteng, bermandian di kolam renang. Di kolam itu, ada fisilitas dibuat pemiliknya untuk meloncat masuk cebur ke dalam kolam, tingginya sekitar 5 m. Anak sekitar usia SD SMP lancar lalu lalang, naik, lompat, cebur, silih berganti satu sama lain, bahkan mereka loncat berbarengan, tidak ada yang patah, pun tidak ada yang tenggelam. Mengapung di air, ban dalam mobil yang sudah dipompa, antisipasi kalau diperlukan untuk mengapung.
Si dosen tertarik ingin lompat cebur seperti anak tersebut. Naiklah dia ke atas dack tempat lompat. Sudah di bibir beton dack, siap lompat, namun dia lihat ke bawah, hiiii…takut, dalam hatinya dia ketakutan, diurungnya langkah lompat cebur. Mundur beberapa langkah, melihat dan memgamati anak yang lompat. Tidak ada yang aneh semau biasa saja. Dicobanya lagi. Lagi lagi dia takut, membayangakan yang tidak jelas. Mundur lagi…
Terjadi pergulatan pikiran dalam benak dosen ini. Kenapa takut? Apa yang ditakuti? Membatin dia dalam hati. Semua pertanyaan diajawabnya dengan logis sampai kepada kesimpulan tidak ada alasan untuk takut. Takut patah, tidak. Takut tenggelam, tidak. Takut apa… tidak ada pertanyaan yang tidak terjawab secara logika. Dosen yang mengajar manajemen ini benci pada dirinya. Ngajar Mahasiswa, jago, tapi mengajar diri sendiri pengecut, bencinya pada dirinya. Dosen pun paksakan diri untuk berani, tidak ada alasan untuk takut. Tutup mata sekuat tenaga dan teriak histeris bagi orang diserang macan tutul, dia lompat sebisanya, ditonton oleh sekian banyak poengunjung. hore… berhasil.. kata penonton yang dari tadi ikut mengamati prilaku dosen itu. Dosen pun setengah percaya kalau dia selamat melakukan aksi yang menakutkan. Dia, bertanya pada dirinya, gimana, patahkah kakimu, tenggelamkah dirimu? Semua hanya bayangan, jadi yang ditakuti selama ini bayangan…hantu….; untuk membangkitkan keberanian, si dosen naik lagi, kali ini tidak setakut yang pertama, diulangi aksi yang sama, keberanian muncul membuatnya makin pede.
Demikian juga dengan seorang Mhs tersebut, yang dia takuti apa? Pertanyaannya? Ya dijawab, saja. Apalagi yang ditanyakan sudah disediakan soal yang bisa dibaca dan dipelajari sebelumnya. Semoga civitas akademika PSA yang saat ini sedang terakreditasi A tampil sebagai lulusan yang berdayasaing tinggi. Sat, 30/12/17.

2 thoughts on “MOTIVASI: TAKUT PADA HANTU?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *