Scroll to Top

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MATARAM MENYUDISIUM 89 SARJANA

By Ujianto Faperta / Published on Friday, 08 Feb 2019 00:49 AM / No Comments / 222 views


Ir. Sudirman, M.Sc., Ph.D, selaku Dekan Fakultas Petanian Universitas Mataram yang baru dilantik satu bulan yang lalu telah melaksanakan yudisium dan menyudisium sebanyak 89 Sarjana yang pelaksanaannya diruang aula Lt. III Fakultas Pertanian Universitas Mataram, pada Tanggal 30 Januari 2019. Sarjana yang di yudisium adalah berdasarkan Keputusan Dekan Fakultas Pertanian Nomor 164/UN18.F4/HK/2018 tentang Yudisium Sarjana Petanian, Sarjana Kehutanan dan Sarjana Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Mataram Tahun Akademik 2018/2019.
Dalam sambutannya Dekan menyampaikan atas nama Fakultas Pertanian Universitas Mataram mengucapkan selamat atas telah berlangsungnya acara yudisium, secara formal dengan telah dilantiknya saudara-saudari menjadi Sarjana Pertanian, Sarjana Kehutanan dan Sarjana Perikanan maka sejak saat itu sebutan saudara berubah. Lebih lanjut Dekan memberi motivasi dengan mengatakan kalau sebelum yudisium, saudara masih disebut mahasiswa, maka kini saudara-saudari telah menjadi sarjana. Sadar tidak sadar, suka tidak suka, hal ini berarti derajad saudara telah diangkat, yang mengangkatnya adalah Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, sebagaiman difirmankanNya dalam al-Qur’an Surat Mujadilah ayat 11; yang artinya.. Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajad…
Allah SWT akan meninggikan beberapa derajat, yang pertama adalah dengan menjadikan saudara-saudari sarjana dan adapun derajat selanjutnya tergantung bagimana sikap saudara-saudari dalam menyandang derajad kesarjaan dalam kehidupan nyata, ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakannya dalam kaitan dengan kehidupan nyata, yudicium is just the begenning, dengan telah berlangsungnya peristiwa ”sacral” tadi, yudisium, suka tidak suka, sadar tidak sadar saudara siap memasuki dunia nyata, real life. The real life is out there. Kehidupan yang penuh untaian tantangan besar sehingga derajad-derajad berikutnya sangat tergantung pada kemampuan anda dalam menjawab tantangan yang ada. Bagaimana menjawabnya? Anada semua harus memperkaya diri, meng-UP DATE diri secara kontinyu, ilmu yang anda sekalian peroleh selama kuliah hanyalah merupakan modal dasar yang harus diperkaya terus menerus, paparnya.
Lebih lanjut dikatakannyan kalau ingin survive anda harus terus baca, baca dan membaca dalam arti luas. Di era Indusri 4.0 ini, perubahan demikian super cepatnya, lalai sedikit anda akan tertinggal dan anda harus terus ikut perkembangan dan berusaha menyelaraskan diri dengan perubahan yang ada, sehingga dengan baca anda akan memiliki empat sikap yaitu kritis, kreatif, komunikatif dan koloboratif. Empat sikap ini akan membuat anda pada dua karakter utama yaitu moral yang baik dan kinerja yang produktif, untuk itu jangan berpuas dengan capaian saat ini, tetapi teruslah perkaya pengetahuan anda dengan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, S2 dan S3, yang pasti keep reading. Imbuhnya.
Acara yudisium laksanakan dengan penuh hikmad dan di hadiri oleh unsur pimpinan baik ditingkat Fakultas maupun di tingkat Program Studi dan Jurusan. Dari 89 Sarjana yang di yudisium terdiri dari Sarjana Pertanian 64 orang, Sarjana Kehutanan 16 orang dan Sarjana Perikanan sebanyak 1 orang, dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan 55 orang, 22 orang berpedikat Memuaskan dan 12 orang tanpa predikat.
Diakhir dari pelaksanaan yudisium Rizkita Muhammad R.B, salah seorang Sarjana Pertanian yang mewakili para yudisium untuk memberi sambutan mengatakan, mengingatkan kepada yudisiawan untuk tidak terlalu lama dalam uforia kelulusan karena tantangan dan tanggung jawab yang dihadapi oleh para sarjana dalam memajukan bangsa akan semakin besar. Selajutnya Rizkita menyampaikan bahwa dalam rangka mempercepat proses pelayanan dibidang penelitian diharapkan untuk memperbaiki sarana prasarana laboratorium untuk akses penelitian mahasiswa serta kegiatan mahasiswa lain yang mendukung peningkatan pengembangan Fakultas Pertanian Unram, imbuhnya.
Lebih khusus Rizkita mengatakan, selama ini banyak mahasiswa dari Fakultas Pertanian sering mengikuti di ajang lomba baik ditingkat nasional maupun Internasional tidak memberikan sokongan dana yang cukup, oleh karena itu di harapkan ada peningkatan anggaran untuk mendukung kegiatan Mahasiswa Fakultas Pertanian. Diakhir kesan dan pesannya Rizkita menyampaikan harapannya agar Fakultas Pertanian dibawah kepemimpinan Bapak Ir. Sudiman, M.Sc., Ph.D Visi dan Misi Fakultas Pertanian bisa terwujud sehingga tercipta Fakultas Pertanian Universitas Mataram yang lebeh baik.
Selanjutnya Dekan menanggapi penyampaian salah seorang yang mewakili yudisiawan, mengatakan sebagai pemimpin fakultas, akan memperhatikan dan menindaklanjuti dalam waktu dekat untuk bisa melengkapi sarana-prasarana untuk memenuhi standar dalam perkuliahan dan praktikum sebagimana yang di harapkan oleh wakil yudisiawan, dan untuk kegiatan kemahasiswaan fakultas telah meningkatkan anggaran, terutama kegiatan-kegiatan yang bersifat produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *