Scroll to Top

DEKAN FAKULTAS PERTANIAN UNRAM SERAHKAN SERTIFIKAT KOMPETENSI FASILITATOR BIDANG PERTANIAN ORGANIK TANAMAN BNSP KEPADA MAHASISWA DAN ALUMNI

By Ujianto Faperta / Published on Monday, 07 Oct 2019 03:13 AM / No Comments / 185 views

PENYERAHAN SERTIFIKAT KOMPETENSI FASILITATOR BIDANG PERTANIAN ORGANIK TANAMAN BNSP KEPADA MAHASISWA DAN ALUMNI

Mataram, Fakultas Pertanian Universitas Mataram, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Mataram menyerahkan sertifikat kompetensi fasilitator bidang pertanian organik tanaman kepada 39 orang yang telah dinyatakan lulus pada kegiatan uji kompetensi, Jum’at (4/10).

Dalam sambutan dan arahannya Dekan Fakultas Pertanian Ir. Sudirman, M.Sc., Ph.D menyampaikan selamat kepada para fasilitator pertanian organik dan mengapresiasi kegiatan kerjasama antara Fakultas Pertanian Universitas Mataram dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) Jakarta, karena saat ini untuk meningkatkan mutu dan daya saing mahasiswa maupun para lulusan perguruan tinggi harus dilengkapi dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai pendamping ijazah.

Kemudian Prof Ir. M. Sarjan, M.AgCP., Ph.D, selaku inisiator kerjasama dalam pengantarnya mengingatkan bahwa para fasilitator bidang pertanian organik tanaman yang telah mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP, harus dapat melaksanakan kewajibannya minimal 2 kegiatan dalam setahun selama 4 tahun masa berlakunya
sertifikat kompetensi yang terkait dengan bidang pertanian organik tanaman yang terdapat dalam sertifikat kompetensi yaitu sebanyak 18 subbidang kompetensi.

“Mulai saat ini, sebagai pemegang sertifikat kompetensi BNSP harus melaksanakan
kewajiban seperti pembuatan pestisida organik dan dikumpulkan bukti-buktinya
(evidence)”, jelas Prof Sarjan.

Lebih lanjut Prof Sarjan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahun dan bahkan setiap periode wisuda oleh Fakultas Pertanian Unram dalam meningkatkan daya saing lulusan, apalagi saat ini Fakultas Pertanian Unram akan menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri karena telah memiliki 4 dosen yang ditetapkan sebagai asesor pertanian organik oleh BNSP.

Demikian juga menurut Wakil Dekan 1 Fakultas Pertanian Unram Dr. Ir. Kisman, M.Sc,
yang termasuk salah satu asesor pertanian organik bersama 3 dosen lainnya yaitu 1.
Prof Ir. M. Sarjan, M.AgCP., Ph.D, 2. Muhammad Nursan, S.P., M.Si, dan 3. Pande
Komang Suparyana, S.TP., M. Agb. mengatakan bahwa ke depan akan diajukan
pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unram ke BNSP, setelah menjadi TUK
Mandiri selama 2 tahun.

FOTO BARENG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *