Scroll to Top

Mutu Bukan Pencitraan, Melainkan Habit

By Muis Faperta / Published on Monday, 16 Mar 2020 07:33 AM / No Comments / 25 views

Oleh Abdullah Usman, Ketua Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unram

• Kepercayaan negara (BAN PT) kepada Program Studi Agribisnis terungkap pada akreditasi A sejak 2015. Kini PSA diuntungkan lagi dengan permen No 5/20 yang mematerikan posisi PSA tetap terakreditasi A, setidaknya untuk 5 tahun. Tidak ada kewajiban dari negara agar setiap Prodi mengajukan perpanjangan akreditasinya. Selama belum diajukan perubahan, maka akreditasi lama terus berlaku. Dalam hal ini PSA akan terus terakreditasi A sampai ada laporan masyarakat bahwa PSA tidak pantas lagi menyandang status bergengsi itu. Inilah momok yang harus kita kandangkan agar tidak pernah mengusil PSA.

• Caranya? Terus berkomitmen untuk terus meningkatkan profile PSA, baik pada tata kelola, maupun dari sisi profile lulusannya, baik dari sisi input, proses, dan output, tidak cukup sebatas output, tetapi dilanjutkan ke outcome.

• Perbaikan mutu bukan kegiatan menjelang visitasi dan akreditasi, melainkan sebuah bagian dari hidup, merupakan habit. Karena itu, tata kelola yang bermutu dan reliable adalah harga mati, kebutuhan bersama.

• BAN PT tidak mesti datang melihat, tetapi setiap mata bisa menjadi perpanjangan pandang BAN PT. Bila lemari pajangan penuh debu, pelayanan dosen kurang memuaskan, profil lulusan membuat keonaran, bisa jadi itu akan menjadi temuan mata pengamat dan mengajukan laporan ke BAN PT, maka adalah alasan BAN PT untuk meninjau kembali status akreditasi.

• Untuk itu, menjaga kebersihan, menata file, melengkapi protofolio, bukan merupakan pekerjaan musiman, melainkan bagian dari ritme kehidupan kampus. Semoga berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *