Scroll to Top

Cuti Akademik

By Muis Faperta / Published on Thursday, 07 Sep 2017 14:27 PM / Comments Off on Cuti Akademik

Cuti akademik

Mahasiswa diperbolehkan mengambil cuti akademik sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Mataram, sebagai berikut:

Cuti akademik (izin meninggalkan studi) diatur sebagai berikut:

  1. Cuti akademik diajukan kepada Rektor paling lambat 1 minggu sebelum ujian tengah semester (UTS).
  2. Mahasiswa berhak mengajukan cuti akademik setelah mengikuti perkulian sekurang-kurangnya dua (2) semester.
  3. Cuti akademik dapat dapat diberikan kepada mahasiswa sebanyak-banyaknya 4 semester untuk program S1, baik sekaligus maupun terputus-putus.
  4. Mahasiswa yang mengambil cuti akademik setelah perkuliahan berjalan, SPPnya tidak dapat ditarik kembali.
  5. Beban kredit maksimum yang boleh diambil setelah aktif kembali dari cuti akademik didasarkan atas KHS terakhir sebelum cuti.
  6. Pengajuan untuk aktif kembali bagi mahasiswa yang mengambil cuti akademik harus dilaksanakan sebelum pembayaran SPP semester yang bersangkutan.
  7. Mahasiswa yang mengambil cuti akademik secara berturut-turut lebih dari satu semester dimungkinkan untuk mengajukan aktif kembali sebelum cuti yang diminta berakhir.
  8. Selama masa cuti akademik, mahasiswa tidak perlu membayar uang kuliah.
  9. Mahasiswa yang ingin aktif kuliah kembali setelah mengalami cuti akademik harus mengajukan surat permohonan aktif kuliah kepada Rektor, surat permohonan ini harus sudah diajukan paling lambat satu bulan sebelum pembayaran uang kuliah berlangsung.
  10. Waktu selama cuti akademik tidak diperhitungkan dalam penentuan lama studi, sedangkan mahasiswa yang tidak daftar ulang tanpa seijin rektor atau mahasiswa yang diberhentikan sementara karena terkena sanksi akademik tetap diperhitungkan masa studinya.
  11. Mahasiswa yang non aktif (tidak membayar uang kuliah dan tidak mengajukan cuti akademik, disebut mangkir) ketentuannya diatur sebagai berikut:
  12. Waktu non aktif kuliah dimungkinkan sebanyak-banyaknya dua semester baik sekaligus maupun terputus-putus.
  13. Masa waktu non aktif kuliah diperhitungkan sebagai masa studi aktif dalam kaitannya dengan batas masa studi.
  14. Bagi mahasiswa yang ingin aktif kuliah kembali, harus mengajukan surat permohonan aktif kuliah kepada Rektor paling lambat satu bulan sebelum pembayaran uang kuliah berlangsung.
  15. Mahasiswa yang tidak aktif kuliah (mangkir) diwajibkan melunasi uang kuliah tunggakan semester sebelumnya ditambah dengan uang kuliah semester yang didaftarkan setelah memperoleh aktif kembali dari Rektor.

Mahasiswa yang tidak aktif kuliah (mangkir) melebihi dua semester berturut-turut dinyatakan mengundurkan diri (keluar).