Scroll to Top

Dosen PA

By Ujianto Faperta / Published on Thursday, 07 Sep 2017 05:26 AM / Comments Off on Dosen PA

Dosen Pembimbing Akademik(PA)

Selama mengikuti studi di Faperta Unram, mahasiswa dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Akademik (PA). Dosen PA membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensinya sehingga memperoleh hasil yang optimal dan dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Dosen PA adalah Dosen tetap yang telah berstatus Pegawai Negeri dengan jabatan sekurang-kurangnya Asisten Ahli (Gol. III/B). Penunjukan PA ditetapkan dengan Surat Keputusan Dekan atas usul dari Ketua Jurusan setelah berkoordinasi dengan Ketua Program Studi. Jika karena suatu hal PA tidak dapat melaksanakan tugasnya, Ketua Jurusan dapat mengusulkan PA yang baru berdasarkan konsultasi dengan Ketua Program Studi. Jumlah mahasiswa yang dibimbing oleh masing-masing Dosen Pembimbing Akademik diatur Dekan/Ketua Jurusan masing-masing.

Tugas umum dosen PA secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Melayani konsultasi mahasiswa dalam menentukan jenis dan jumlah mata kuliah yang sebaiknya diprogramkan oleh mahasiswa setiap semester.
  2. Memberiikan pemahaman kepada mahasiswa tentang mata kuliah yang memerlukan prasyarat
  3. Mengatur beban sks sesuai dengan perkembangan akademik mahasiswa setiap semester
  4. Memonitor dan mencatat perkembangan akademik mahasiswa melalui Kartu Perkembangan Akademik Mahasiswa.
  5. Memberi arahan dalam menentukan minat mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir.
  6. Membantu menyelesaikan permasalahan akademik dan permasalahan non akademik yang berpotensi mempengaruhi kegiatan akademik mahasiswa.
  7. Memberikan informasi khususnya kepada mahasiswa baru tentang sarana dan prasarana yang tersedia untuk dapat dimanfaatkan secara optimal
  8. Mendorong mahasiswa untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan ilmiah baik di dalam kampus maupun diluar kampus seperti seminar, lomba karya ilmiah, dan kegiatan lain yang terkait dengan kreativitas mahasiswa
  9. Memberikan petunjuk belajar di Perguruan Tinggi yang menggunakan sistem kredit semester, dimana mahasiswa mendapat kesempatan untuk lebih maju menurut kemampuannya masing-masing.
  • Memberikan pengarahan dalam menyelesaikan tugas akhir agar mahasiswa dapat menyelesaikan skripsi lebih cepat dan baik, sehingga lama studinya lebih singkat dengan indeks prestasi yang baik.
  1. Memberikan informasi tentang beasiswa dan sumber pendanaan lain yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk memacu prestasi.

 

Tugas Khusus Dosen Pembimbing Akademik adalah:

  1. Menandatangani Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS), surat permohonan cuti akademik, kartu perkembangan akademik, surat permohonan pindah, kartu rencana studi untuk mengikuti kuliah dalam semester pendek, dan surat lainnya yang belum diatur dalam aturan ini.
  2. Memvalidasi Kartu Rencana Studi (KRS) online yang telah diisi mahasiswa
  3. Menerima salinan Kartu Hasil Studi (KHS) mahasiswa yang dibimbingnya pada setiap akhir semester dan meneliti kembali keberhasilan studi mahasiswa melalui KHS tersebut
  4. Mengadakan pertemuan berkala dengan mahasiswa yang dibimbingnya minimal 4 kali dalam satu semester
  5. Menerima keluhan dan laporan tentang kemajuan belajar mahasiswa, baik saat pertemuan terjadwal maupun di luar acara pertemuan. Memberi pengarahan kepada mahasiswa yang dibimbingnya tentang berbagai keluhan dan laporan yang disampaikannya tentang masalah-masalah akademik atau masalah-masalah yang dapat mengganggu proses belajar mahasiswa
  6. Memberikan laporan atau konsultasi tentang hal-hal atau masalah khusus tentang mahasiswa yang dibimbingnya kepada Ketua Program Studi yang akan meneruskannya kepada Ketua Jurusan atau Wakil Dekan Bidang Akademik.

Konsultasi dengan PA dapat dilaksanakan setiap saat sesuai ketersediaan waktu Dosen PA dan mahasiswa yang bersangkutan. Dosen PA diharapkan dapat menjalankan fungsi secara optimal yang memungkinkan mahasiswa dapat menyelesaikan studi sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan. Jika dipandang perlu, dosen PA dapat mengarahkan mahasiswa untuk mendapatkan bantuan konsultasi dengan Unit Pelayanan Bimbingan dan Konseling Universitas.

Khusus kepada mahasiswa baru, PA diharapkan juga dapat memberikan informasi tentang:

  1. Perguruan Tinggi (Unram), termasuk Fakultas, Jurusan, Laboratorium, Perpustakaan, serta sarana lain yang tersedia.
  2. Sistem kredit dengan segala aspeknya.
  3. Program pendidikan yang tersedia.
  4. Layanan kepada mahasiswa.
  5. Kemungkinan beasiswa
  6. Petunjuk belajar di Perguruan Tinggi.

Mengingat bidang yang begitu luas, informasi tentang hal tersebut di atas sudah barang tentu tidak bisa diberikan secara tuntas pada masa konsultasi awal semester yang relatif sangat pendek. Oleh karena itu, PA hendaknya selalu siap memberikan informasi tersebut kapan pun/sewaktu-waktu dibutuhkan. Agar lebih lancar, hendaknya setiap PA menetapkan jadual pembimbingan sepanjang semester termasuk ketentuan tentang apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa.

Dosen Pembimbing Akademik merancang pertemuan berkala minimal 4 kali dalam satu semester untuk monitoring dan evaluasi kegiatan akademik mahasiswa bimbingannya. Waktu dan materi pertemuan dirancang dan disepakati bersama antara dosen PA dan mahasiswa bimbingannya di awal semester pada saat pengisian KRS. Pertemuan pertama dilaksanakan pada saat pengisian KRS yang membahas tentang evaluasi hasil kegiatan akademik pada semester sebelumnya dan merencanakan kegiatan akademik pada semester yang akan ditempuh. Pertemuan kedua dilaksanakan pada minggu ketiga untuk mengevaluasi mata kuliah yang ditempuh pada semester berjalan di KRS dan mendiskusikan kemungkinan perubahan KRS. Pertemuan ketiga dilaksanakan setelah selesai ujian tengah semester untuk mendiskusikan kesulitan-kesulitan dalam mengikuti kegiatan akademik, mengevaluasi hasil kegiatan akademik hingga ujian tengah semester dan membahas kegiatan akademik hingga ujian akhir semester.  Pertemuan keempat dilakukan pada saat minggu tenang untuk mengevaluasi perkembangan akademik sebelumnya dan memberikan dorongan untuk menghadapi ujian akhir semester.