Scroll to Top

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)

By Muis Faperta / Published on Thursday, 07 Sep 2017 14:24 PM / Comments Off on Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)

Kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu bagian dari kurikulum yang ditetapkan dan berlaku secara umum di Unram. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman dalam menerapkan keilmuan yang sudah diperoleh di bangku perguruan tinggi dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan kuliah kerja mahasiswa dapat berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kuliah Kerja Usaha (KKU), Kuliah Kerja Profesi (KKF). KKN terdiri atas KKN regular, KKN tematik, dan KKN-PPM.  Mahasiswa diperkenankan mengikuti kegiatan yang setara dengan kegiatan kuliah kerja, sepanjang di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut ada keterlibatan masyarakat. Ketentuan mengengai jenis kegiatan yang dianggap setara ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor. Pelaksanaan kegiatan kuliah kerja dikoordinasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM).

Berikut ini adalah ketentuan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa untuk mengikuti kuliah kerja.

  1. Mahasiswa telah menyelesaikan beban studi sekurang-kurangnya 120 sks dengan IPK sekurang-kurangnya 2,0.
  2. Karena kegiatan ini berlangsung di luar kampus, dalam waktu yang cukup lama, maka mahasiswa yang mengikuti KKM biasanya tidak dapat mengikuti perkuliahan di kelas pada periode awal perkuliahan. Untuk itu mahasiswa yang akan KKM diberi kesempatan mengisi KRS sebelum berangkat dengan ketentuan seperti yang diatur pada butir 4.4 (ayat 14).
  3. Perbaikan KRS bagi mahasiswa KKM dapat dilakukan setelah kembali dari KKM pada periode perbaikan menurut kalender akademik atau pada periode khusus jika saat perbaikan KRS menurut kalender akademik mahasiswa belum kembali dari KKM.

Persyaratan, prosedur dan mekanisme pelaksanaan KKN Tematik dapat dilihat pada Buku Pedoman KKN Tematik Universitas Mataram yang diterbitkan oleh LPPM setiap tahun.