Scroll to Top

Penyusunan Skripsi

By Muis Faperta / Published on Thursday, 07 Sep 2017 14:25 PM / Comments Off on Penyusunan Skripsi

Penyusunan Skripsi

Penyusunan skripsi merupakan tahapan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa Faperta Unram untuk dapat menyelesaikan studi. Penyusunan skripsi bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kaidah-kaidah ilmiah dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Untuk dapat memulai kegiatan penyusunan skripsi, seorang mahasiswa harus sudah menyelesaikan sekurang-kurangnya 116 sks atau 80% dari sks minimal yang ditentukan pada program studi masing-masing tanpa ada nilai E, IPK yang harus dicapai ≥ 2,00 dengan maksimal nilai D dan D+ 15 sks, dan telah lulus semua mata kuliah MKU dan Metode Ilmiah dengan nilai sekurang-kurangnya C.

1.  Pengajuan Dosen Pembimbing Skripsi

Tahapan proses pengajuan pembimbing skripsi, diatur sebagai berikut :

  • Mahasiswa mengajukan permohonan dosen pembimbing ke Jurusan
  • Pengajuan dosen pembimbing skripsi dengan melampirkan Transkrip nilai, copy KRS dan rekomendasi dari dosen PA
  • Jurusan menentukan dosen pembimbing skripsi dan mengumumkan dosen pembimbing
  • Mahasiswa melaporkan diri kepada dosen pembimbing yang sudah ditunjuk sebelum melaksanakan konsultasi secara lebih mendalam tentang topik skripsi atau tugas akhir yang direncanakan.

2.  Evaluasi pembimbingan Skripsi

Bila dalam jangka waktu 3 bulan sejak diterbitkannya surat penugasan sebagai pembimbing oleh jurusan, mahasiswa yang bersangkutan tidak memiliki hasil apapun, maka mahasiswa yang bersangkutan harus mengajukan proses permohonan pembimbing dari awal lagi.

Ketentuan secara rinci mengenai Penyusunan Skripsi dituangkan secara khusus dalam Buku Pedoman Skripsi edisi terbaru (2016).