Scroll to Top

Pelaksanaan Kuliah

By Ujianto Faperta / Published on Thursday, 07 Sep 2017 04:19 AM / Comments Off on Pelaksanaan Kuliah

Pelaksanaan Kuliah

Ketentuan-ketentuan yuang menyangkut pelaksanaan kuliah di Fakultas Pertanian Unram, adalah sebagai berikut:

  1. Awal dan akhir masa perkuliahan diatur oleh fakultas sesuai Kalender Akademik U
  2. Mahasiswa yang berhak mengikuti kuliah adalah mereka yang telah terdaftar sebagai mahasiswa aktif (telah menyelesaikan segala persyaratan administrasi universitas/fakultas, yaitu melalui pembayaran SPP dan Pendaftaran Program Semester berjalan)
  3. Mata kuliah yang boleh diikuti oleh mahasiswa adalah mata kuliah yang telah diprogramkan dalam KRS atas persetujuan Dosen PA dan KRS tersebut mendapat pengesahan Sub-Bagian Akademik Fakultas.
  4. Bagi mahasiswa yang mengulang suatu mata kuliah yang ada praktikumnya, maka mahasiswa harus mengkonsultasikan kepada dosen pengasuh mata kuliah yang bersangkutan agar jelas permasalahan yang menyangkut praktikumnya. Dalam hal ini Mahasiswa hanya diperkenankan mengulang matakuliah tersebut jika mahasiswa memperoleh sekurang-kurangnya nilai 60 pada komponen praktikum, dan nilai tersebut harus dilaporkan kepada dosen pengasuh matakuliah tersebut pada semester yang berjalan. Kecuali mata kuliah-mata kuliah bidang sosial ekonomi pertanian, bagi mahasiswa yang mengulang mata kuliah, maka wajib mengulang praktikum.
  5. Dalam setiap mata kuliah, dosen (terutama koordinator matakuliah) hendaknya membuat Kontrak Belajar dengan mahasiswa di awal periode perkuliahan.
  6. Kontrak Belajar berisi, uraian tentang: pokok-pokok bahasan yang akan disampaikan selama periode perkuliahan, jadwal penyampaian (delivery) untuk setiap pokok bahasan dalam periode perkuliahan, prosedur penyampaian untuk setiap pokok bahasan, dan prosedur evaluasi yang akan diterapkan untuk matakuliah yang bersangkutan.
  7. Dalam setiap tatap muka di kelas, dosen harus menandatangani daftar hadir pada kolom yang sesuai dengan tanggal penyampaian pokok bahasan dan menuliskan pokok bahasan yang disampaikan pada jadwal tersebut pada lembar kontrol yang disediakan bersama dengan daftar hadir.
  8. Mahasiwa diwajibkan mengikuti sekurang-kurangnya 75% dari seluruh kegiatan tatap muka yang dilakukan selama semester akademik berlangsung.
  9. Bagi mahasiswa yang tidak dapat menghadiri tatap muka di kelas karena halangan yang dapat dipertanggungjawabkan, maka perhitungan kehadiran minimum harus memperhatikan halangan mahasiswa tersebut.
  10. Halangan yang dimaksud pada butir 9 di atas adalah
    1. Halangan karena sakit, yang dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.
    2. Halangan karena musibah (kematian) keluarga, yang dibuktikan dengan surat keterangan orangtua/wali dan Surat Keterangan Ketua RT/RW disahkan Lurah setempat
    3. Mendapat dispensasi dari Dekan atau Rektor karena mewakili fakultas atau universitas pada kegiatan akademik atau kemahasiswaan.
  11. Halangan yang dimaksud dalam butir 9 tersebut harus diberitahukan kepada dosen pengasuh matakuliah selambat-lambatnya dua hari sejak berlangsungnya tatap muka, dan selanjutnya menyerahkan bukti halangan ke Sub Bag Akademik untuk dijadikan acuan dalam penentuan boleh-tidaknya seorang mahasiswa mengikuti ujian akhir. Dalam keadaan ini mahasiswa harus meminta arahan kepada dosen pengasuh tentang materi kuliah yang disampaikan pada tatap muka yang tidak dihadirinya tersebut untuk dipelajari secara mandiri.
  12. Jumlah tatap muka (pertemuan) di kelas untuk setiap matakuliah adalah 14 kali, ditambah dengan dua kali tatap muka untuk keperluan evaluasi dalam bentuk ujian Tengah Semester dan Akhir Semester.
  13. Selama minggu tenang tidak diperkenankan melakukan kegiatan kuliah dan praktikum.
  14. Untuk menghindari kekacauan ruangan dan waktu, kuliah pengganti, karena adanya hari-hari libur, akan diatur oleh fakultas