Scroll to Top

Agroekoteknologi

By Muis Faperta / Published on Thursday, 31 Aug 2017 03:25 AM / Comments Off on Agroekoteknologi

PROFIL PS. AGROEKOTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNRAM

Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram merupakan gabungan 5 Program Studi: Agronomi, Pemuliaan Tanaman, Hortikultura, Hama & Penyakit Tanaman dan Ilmu Tanah, sesuai SK Dirjen Dikti No. 179/D/T/2009. Pada perkembangan berikutnya, Ilmu Tanah membentuk program study tersendiri, sehingga PS Agroekoteknologi terdiri dari Minat Agronomi, Pemuliaan Tanaman, Hortikultura, serta Minat Hama dan Penyakit Tanaman.

 

Visi, Misi, Tujuan

Visi  PS Agroekoteknologi adalah Pada tahun 2025, terwujudnya program studi Agroekoteknologi sebagai pusat unggulan pendidikan, penelitian dan pengembangan pertanian tropika berkelanjutan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”  

Visi tersebut harus melandasi semua pilar kegiatan yaitu pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, kerjasama dan sistem informasi, tata kelola serta integritas, kreativitas, inovasi, dan motivasi seluruh staf pendidik dan kependidikan di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Mataram.

Misi PS Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing yang berbasis riset dan kewirausahaan untuk mencapai pertanian tropika berkelanjutan
  2. Melaksanakan penelitian untuk menghasilkan dan menerapkan IPTEK untuk produk pertanian tropika yang unggul
  3. Menerapkan dan diseminasi hasil pendidikan dan penelitian kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat;
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam pengembangan dan penerapan IPTEK pertanian tropika berkelanjutan

 

Tujuan PS Agroekoteknologi adalah sbb:

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan menganalisis, merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan kegiatan teknologi budidaya tanaman dan pengelolaan lingkungan budidaya pertanian.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kreativitas dan integritas ilmiah di bidang teknologi budidaya tanaman dan pengelolaan lingkungan budidaya pertanian
  3. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan kreatif dalam mengelola dan mengembangkan usaha pertanian.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kerjasama dengan berbagai pihak sesuai dengan bidang kompetensi yang dimiliki.

 

Kurikulum

Kurikulum PS Agroekoteknologi dirancang dan disusun selain untuk mencapai tujuan program study juga untuk mencapai kompetensi lulusan yang terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya.

Kompetensi utama lulusan PS Agroekoteknologi adalah:

  1. Mampu merencanakan, merancang, menerapkan, mengevaluasi, berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan system produksi yng efectiv, produktiv secara terpadu dan berwawasan lingkungan
  2. Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, mensinthesis, dan menyelesaikan masalah secara kreatif dalam lingkup produksi pertanian yang berwawasan lingkungan
  3. Keberanian memulai, melaksanakan, dan mengembangkan sebuah usaha inovatif dalam produksi tanaman yang berwawasan lingkungan
  4. Mampu mengerahkan diri, berkomunikasi dan bernegosiasi dengan masyarakat untuk berkerjasama secara efectiv
  5. Mampu merancang, malaksanakan, menganalisis, menginterpretasikan data penelitian secara jujur dan bertanggungjawab

 

Kompetisi pendukung adalah kemampuan menilai sebuah system operasi agribisnis, mengidentifikasi dan mengelola resiko ketidakpastian serta memiliki etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan.

Kompetisi lainnya yang diharapkan dari seorang lulusan PS Agroekoteknologi adalah kemampuan mengapresisi budaya lokal dan asing untuk meningkatkan daya saing agroekoteknologi.

 

Kurikulum PS Agroekoteknologi kemudian disusun sedemikian rupan untuk mencapai kompetensi lulusan itu dalam agihan semester sebagai berikut: Pada 3 tahun pertama (sampai semester 6) mahasiswa melakukan aktivitas pembelajaran terstruktur, sedangkan pada tahun ke 4 (mulai awal semester ke 7) mulai memprogramkan untuk melakukan tugas akhir secara mandiri termasuk skripsi, Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Kuliah Kerja Mahasiswa/Nyata tematik.

Kurikulum PS Agroekoteknologi terdiri dari Mata Kuliah Wajib dan mata Kuliah pilihan Minat serta Tugas Akhir.

  • Mata Kuliah Wajib PS sebanyak 129 SKS yang terdiri dari Mata Kuliah Umum, Mata Kuliah Tahun Pertama Bersama (TPB), MK Wajib Fakultas, MK Wajib Program Study, dan MK Wajib Minat;
  • Mata Kuliah Pilihan minat terdiri 16 SKS,
  • Tugas Akhir 5-7 SKS,

sehingga total mata kuliah yang ditempuh mahasiswa PS Agroekoteknologi berjumlah 144-160 SKS.

Agihan per semester dari seluruh mata kuliah bisa dilihat pada Buku Pedoman Fakultas Pertanian Universitas Mataram Tahun 2015 (FP Unram, 2015).

Kurikulum lengkap PS. Agroekoteknologi dapat dilihat di menu Kurikulum –>PS Agroekoteknologi

 

Sistem Pembelajaran dan Evaluasi

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai dari proses pembelajaran tersebut. Proses pembelajaran dilaksanakan sedemikian rupa sehingga dapat mendorong mahasiswa untuk berkreasi dan berpikir kritis. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram mendorong prinsip akuntabilitas sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi kegiatan akademik. Presensi (daftar hadir) disediakan bagi dosen dan mahasiswa untuk mengetahui tingkat kehadiran dosen dan mahasiswa. Mahasiswa dapat mengikuti Ujian bila menghadiri perkuliahan atau praktikum minimal 75% dari total kegiatan, hal ini dapat dipantau dari presensi yang dilampirkan tiap perkuliahan/praktikum. Adapun data aktivitas mengajar dosen merujuk pada presensi dosen dan berita acara perkuliahan yang memungkinkan monitoring materi perkuliahan telah diberikan sebagaimana yang direncanakan.

Selain itu disiapkan pula kuesioner penilaian kinerja dosen yang diisi oleh mahasiswa sebagai bahan evaluasi tiap staf pengajar. Dari kuesioner tersebut dapat dilakukan evaluasi kinerja (pengukuran indeks kepuasan/IK) terhadap dosen yang bersangkutan baik dalam pelaksanaan kuliah.

Evaluasi Materi Ajar dilakukan dalam rapat Program Studi dan diikuti paling sedikit oleh Tim Teaching mata kuliah yang bersangkutan. Pelaksanaan rapat dilaksanakan sedikitnya 2 kali dalam satu semester yaitu pada awal dan akhir semester. Pertimbangan untuk mengubah materi mata kuliah didasarkan pada perkembangan teknologi, tuntutan pasar serta kondisi keilmuan dan kompetensi yang ingin dicapai.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Dalam mencapai visi, misi dan tujuan tersebut ditetapkan serangkaian sasaran sebagai panduan yang meliputi :

  1. Pada periode tahun 2005 – 2010 tercapainya mutu pengelolaan pendidikan pertanian yang baerdaya saing nasional
  2. Pada tahun 2010 – 2015 menghasilkan lulusan sarjana pertanian yang berkompetensi tinggi, berdaya saing, serta berjiwa kewirausahaan (entrepreneurship)
  3. Pada tahun 2015 – 2020 terpenuhi daya dukung sarana dan prasarana secara berkelanjutan dalam menunjang aktifitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  4. Pada tahun 2020 – 2025 tercapainya mutu pengelolaan pendidikan yang berdaya saing internasional;
  5. Pada tahun 2015 – 2020 menghasilkan riset pertanian tropika berkelanjutan yang adaptif terhadap perubahan iklim;
  6. Pada tahun 2025 tercapai tenaga pendidik yang berkualifikasi Guru Besar 15% dan S3 60% dari jumlah dosen program studi Agroekoteknologi serta tenaga kependidikan yang berkompetensi,  beretika,  dan berintegritas.
  7. Pada tahun 2025 menghasilkan program studi Agroekoteknologi yang berkinerja tinggi dan profesional dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi;
  8. Pada tahun 2025 memperoleh kepercayaan publik dan jaringan kerja dalam pengembangan pertanian tropika

 

Sasaran tersebut di atas dicapai melalui strategi sebagai berikut :

Strategi jangka pendek:

  1. Meningkatkan kapasitas dan kinerja Gugus Penjaminan Mutu program studi
  2. Merekonstruksi kurikulum dan silabi secara periodik yang berbasis KKNI
  3. Meningkatkan peran koordinator team teaching
  4. Menyusun kelas paralel dengan jumlah mahasiswa antara 40 – 50 per kelas
  5. Memfasilitasi dosen dalam pembuatan handout, buku ajar/teks dan modul pembelajaran
  6. Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam Teknologi Informasi (multimedia) melalui pelatihan

 

Strategi jangka menengah:

  1. Meningkatkan kemampuan layanan laboratorium dan kebun percobaan
  2. Meningkatkan sarana dan prasarana akademik yang memenuhi standar
  3. Menyusun Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat ditingkat Program studi
  4. Tercapainya Akreditasi jurnal ilmiah Crop Agro dan Agroteksos

 

Strategi jangka panjang:

  1. Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi Haki/ Paten serta komersialisasi
  2. Mengembangkan sistem administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan aset berbasis Teknologi Informasi
  3. Meningkatkan jumlah publikasi jurnal nasional/ internasional
  4. Membentuk unit penjaminan mutu penelitian dan pengabdian masyarakat
  5. Meningkatkan kerjasama nasional dan internasional

 

Sementara itu dalam mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan, PS Agroekoteknologi Faperta UNRAM selalu memperhatikan faktor-faktor :

  1. Kompetisi global terutama persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
  2. Kebutuhan masyarakat terhadap tenaga ahli yang semakin meningkat.
  3. Mahasiswa sebagai anak didik, yang secara kodrati memiliki perbedaan-perbedaan individual baik dalam bakat, minat, maupun kemampuan akademik.
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat.
  5. Kompetensi sumber daya manusia (SDM) sebagai penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bervariasi.
  6. Perubahan/perkembangan politik, ekonomi nasional, regional, dan internasional
  7. Etika, moral dan nilai yang berlaku di masyarakat.
  8. Optimalisasi sumber-sumber dana

 

Sumberdaya manusia

Program Studi ini merupakan salah satu Program Studi Terdepan di Universitas Mataram terutama bila ditinjau dari kualitas sumber daya dosen yang berjumlah 48 orang, lulusan luar maupun dalam negeri, terdiri dari: 7 Professor, 23 Doctor dan 18 Magister.

 

Daftar Dosen PS Agroekoteknologi

No.Nama LengkapMinat
1Ir. Akhmad Zubaidi, M.Ag.Sc., Ph.D.Agronomi
2Ir. Astam Wiresyamsi, SU.Agronomi
3Ir. Hanafi Abdurrahman, MP.Agronomi
4Ir. I Gde Ekaputra Gunartha, M.Agr., Ph.D.Agronomi
5Ir. I Ketut Ngawit, MP.Agronomi
6Ir. Nihla Farida, MAgCP.Agronomi
7Ir. Wayan Wangiyana, M.Sc (Hons)., Ph.D.Agronomi
8Dr. Ir. Bambang Supeno, MP.Hama & Penyakit Tanaman
9Dr. Ir. Merry Windarningsih, M.Si.Hama & Penyakit Tanaman
10Dr. Ir. Ni Made Laksmi Ernawati, MP.Hama & Penyakit Tanaman
11Dr. Ir. Ruth Stella Petrunela Thei, MS.Hama & Penyakit Tanaman
12Dr. Ir. Tarmizi, MP.Hama & Penyakit Tanaman
13Dr. Ir. Wahyu Astiko, MP.Hama & Penyakit Tanaman
14Ir. Agus Rohyadi, SU., Ph.D.Hama & Penyakit Tanaman
15Ir. Hery Haryanto, MSi.Hama & Penyakit Tanaman
16Ir. Irwan Muthahannas, MPHama & Penyakit Tanaman
17Ir. Meidiwarman, MS.Hama & Penyakit Tanaman
18Ir. Mulat Isnaini, PGDip.Sc., Ph.D.Hama & Penyakit Tanaman
19Ir. Sudirman, M.Sc., Ph.D.Hama & Penyakit Tanaman
20Prof. Dr. Ir. I Made Sudantha, MS.Hama & Penyakit Tanaman
21Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP., Ph.D.Hama & Penyakit Tanaman
22Prof. Ir. M. Taufik Fauzi, M.Sc., Ph.D.Hama & Penyakit Tanaman
23Baiq Liana Suryaningsih, SP. MSc.Hortikultura
24Dr. Ir. Bambang Budi Santoso, M.Sc.Agr.Hortikultura
25Dr. Ir. I Gusti Made Arya Parwata, M.App.Sc.Hortikultura
26Dr. Ir. Retno Keksi Wulandari, M.Si.Hortikultura
27Ir. Aluh Nikmatullah, M.Agr.Sc., Ph.D.Hortikultura
28Ir. Herman Suheri, M.Sc., Ph.D.Hortikultura
29Ir. Jayaputra, MSi.Hortikultura
27Ir. Karwati Zawani, MPHortikultura
28Ir. Khaerul Muslim, SH. MSc.Hortikultura
29Ir. Nurrachman, Dipl.App.Sc., MSi.Hortikultura
30Ir. Rukmini Kusmarwiyah, MP.Hortikultura
31Prof. Ir. I Komang Damar Jaya, M.Sc.Agr., Ph.D.Hortikultura
32Baiq Erna Listiana, SP., M.Biotech.St.Pemuliaan Tanaman
33Dr. Ir. A. A. Ketut Sudharmawan, MP.Pemuliaan Tanaman
34Dr. Ir. I Wayan Sudika, MS.Pemuliaan Tanaman
35Dr. Ir. Kisman, M.Sc.Pemuliaan Tanaman
36Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc.Pemuliaan Tanaman
37Drs. Sumarjan, MSi.Pemuliaan Tanaman
38Ir. Dwi Ratna Anugrahwati, M.Biotech.St., Ph.D.Pemuliaan Tanaman
39Ir. Idris, MP.Pemuliaan Tanaman
40Ir. Uyek Malik Yakop, M.Sc., Ph.D.Pemuliaan Tanaman
41Prof. Dr. Ir. A. Farid Hemon, M.Sc.Pemuliaan Tanaman
42Prof. Dr. Ir. I Gusti Putu Muliarta Aryana, MP.Pemuliaan Tanaman
43Prof. Dr. Ir. I Wayan Sutresna, MP.Pemuliaan Tanaman

 

Kemahasiswaan

Bagi mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi tersedia berbagai beasiswa baik bagi mahasiswa berprestasi maupun mahasiswa kurang mampu yang bersumber dari berbagai dana, seperti: Beasiswa PPA, BBM, BRI, BI, dll.

Lulusan Program Studi Agroekoteknologi memiliki peluang kerja di berbagai bidang, seperti sebagai peneliti dan tenaga akademik pada lembaga penelitian dan perguruan tinggi, praktisi dan profesional dalam bidang produksi dan pengembangan pertanian, konsultan, analis dan tenaga pendamping pada lembaga pemerintahan, serta tenaga ahli pada berbagai LSM, dll.

Tabel  Jumlah Mahasiawa Reguler Tujuh Tahun Terakhir

Tahun MasukJumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun*Jumlah Lulusan s.d. TS

(dari Mahasiswa Reguler)

TS-6TS-5TS-4TS-3TS-2TS-1TS 
(1)(1)(2)(3)(4)(5)(6)(7)(8)
TS-6 (09/10)1621401071079149 20 89
TS-5 (10/11)1511239685773072
TS-4 (11/12)154133108957760
TS-3 (12/13) 198133104 10033
TS-2 (13/14)230117104
TS-1 (14/15)226209
TS (15/16)223

* Tidak memasukkan mahasiswa transfer.

Catatan : huruf-huruf a, b, c, d dan e harus tetap tercantum pada tabel di atas.

 

No.Jenis Pelayanan kepada MahasiswaBentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1)(2)(3)
1Bimbingan dan konseling
  • Bimbingan akademik. Dalam pelaksanaannya PS menunjuk seorang dosen pembimbing akademik (PA) untuk membimbing beberapa mahasiswa dalam perencanaan akademik dan persoalan lainnya yang terkait dengan penyelesaian  studi mahasiswa.
  • Bimbingan skripsi. Untuk seorang mahasiswa  PS menetapkan 2 orang pembimbing skripsi (pembimbing utama dan pembimbing pendamping) yang bertugas mengarahkan  mahasiswa sejak menyusunan rencana skripsi, pelaksanaan penelitian, penyusunan  akhir skripsi, seminar hasil penelitian, dan penyusunan artikel jurnal.
  • Pembimbingan kegiatan Pelaksanaan KKN dan PKL
  • Bimbingan penyelenggaraan lomba PKM. Semua mahasiswa diberi kesempatan untuk bersaing dalam kegiatan PKM di bawah bimbingan dosen.
  • Bimbingan penyelenggaraan kegiatan himpunan mahasiswa dengan mengarahkan setiap kegiatan ditujukan untuk membina sikap mental positif mahasiswa dan dapat memacu percepatan penyelesaian studi mahasiswa dengan prestasi yang menggembirakan.
2Minat dan bakat (ekstra kurikuler)
  • Melalui unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di tingkat Fakultas terdapat beberapa unit kegiatan seperti Kelompok Pencinta Alam (KAPA), Kelompok Studi Islam (KSI) Al-Isra, Himagrotek melakukan kegiatan atas koordinasi Program Studi antara lain: Kemah Bakti Himagrotek, Pekan Olah Raga Sativa (Porsa), Bengkel Seni Sativa (BSS), English Club.
3Pembinaan soft skills
  • Pelatihan penulisan karya ilmiah;
  • Pelatihan pembuatan proposal;
  • Peningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang organisasi;
  • Latihan Kepemimpinan;
  • Diskusi terbuka tentang sukses kuliah di Perguruan tinggi;
  • Forum diskusi untuk pendalaman bahasa Inggris.
  • Pelatihan Kewirausahaan dan Entrepreneurship
  • Pelatihan kepemimpinan dan manajerial
4Beasiswa

 

  • Pada 3 tahun terakhir terdapat sejumlah mahasiswa berprestasi memperoleh biasiswa  seperti  PPA 75 orang,  BBM 156 orang, supersemar 23 orang, Toyota Astra 15 orang, BRI 7orang, BI 7 orang, YAMPI 3 orang, Pertamina 4 orang, BKM 21 orang dan KORPRI 5 orang.
5Kesehatan
  • layanan kesehatan untuk mahasiswa dilakukan di klinik kampus.
6Pelatihan
  • Pelatihan penulisan proposal program kreatifitas mahasiswa 50 orang (PKM) 2016
7Lainnya, sebutkan.
  • Pemberian pinjaman / talangan pembayaran SPP oleh YFP, dan dispensasi penundaan  pembayaran SPP bagi mahasiswa yang belum memiliki dana untuk membayar SPP;
  • Pelayanan surat keterangan masih kuliah untuk mendapatkan tunjangan anak.
  • Pelayanan sarana prasarana untuk menunjang kegiatan Ormawa seperti peminjaman mobil kampus, peminjaman ruang sidang, dan lain-lain

 

 

Penelitaian dan Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

Penelitian dan pengabdian masyarakat Dosen PS Agroekoteknologi dilaksanakan dengan adanya dukungan dana dari Dikti dalam skema hibah penelitian berbasis Nasional maupun Desentralisasi Unram. Dari Universitas Mataram juga tersedia dana dalam skema PNBP, DIPA, BOPTN.  Selain itu terdapat kegiatan penelitian dan pengabdian dosen dalam bentuk kerjasama dengan Pemerintad Daerah NTB, dengan Departemen terkait, lembaga-lembaga swasta, maupun dalam bentuk kegiatan kerjasama dengan lembaga-lembaga Internasional.

Program pengabdian masyarakat bagi mahasiswa PS Agroekoteknologi dilakukan dengan kegiatan PKL dan KKN Tematik dalam bingkai akademik.  Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan itu sebagai bagian dari program perkuliahan, bagi mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan pengabdian tersebut, maka tidak dapat dilepas sebagai Sarjana Pertanian dari PS Agroekoteknologi.

Kemampuan menggali dan mencari permasalahan di bidang pertanian, melakukan pengumpulan data, menganalisa data dan mengambil kesimplan dan memberikan saran untuk memecahkan masalah, merupakan tugas akhir mahasiswa Agroekoteknologi dalam menyelesaikan perkuliahan. Dalam kegiatan penelitian ini, mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari 2 orang dosen pembimbing.

 

Sarana dan prsarana

Sarana penunjang proses perkuliah pada Program Studi Agroekoteknologi meliputi:

  • Gedung Baru Ruang dosen dan kantor, Lantai 4 yang mulai difungsikan Tahun ajaran 2016
  • Kebun Percobaan di Narmada sebagai unit pengembangan pertanian berkelajutan dan perkembangan agribisnis
  • Lahan atau Kebun Percobaan Lahan Kering di Akar-Akar (Lombok Utara)
  • Unit Pelayanan Komputer, Perpustakaan
  • Ruang Kuliah yang dilengkapi dengan LCD, Over Head Projektor, dan peraga lainya
  • Beberapa unit rumah kaca, DLL.

 

Etika Akademik

Etika akademik bagi civitas akademika diatur dalam Peraturan Universitas tentang kode etik mahasiswa, kode etik dosen, dan kode etik pegawai. Bagi semua mahasiswa Fakultas Pertanian  Unram, diwajibkan mematuhi tata tertib dan etika kegiatan kampus:

  1. Harus memakai baju sopan dan rapi, tidak boleh memakai kaos model apapun.
  2. Tidak diperbolehkan memakai sandal atau sepatu sandal untuk segala kegiatan akademis di kampus.
  3. Pada saat kegiatan kuliah, mahasiswa menempati ruang yang telah ditentukan dan duduk dengan tenang serta mengikuti kuliah sampai selesai.
  4. Pada saat kegiatan kuliah berlangsung, mahasiswa yang membawa HP diwajibkan untuk dimatikan.
  5. Mahasiswa harus selalu membawa Kartu Tanda Mahasiswa.
  6. Bagi mahasiswa yang terlambat 30 menit saat berlangsungnya kuliah dengan alasan apapun tidak diperkenankan memasuki ruang kuliah/tidak diperkenankan mengikuti kuliah pada saat itu, dinyatakan absen.

 

Tata pamong

Dalam rangka menuju pengelolaan universitas berbasis Program Studi, Program Studi Agroekoteknologi terus melakukan penyesuaian dalam pengelolaan Program Studi secara maksimal mencakup pengelolaan pelaksanaan proses belajar-mengajar, pelayanan administrasi akademik dan pendataan mahasiswa.  Secara bertahap dan terencana, Program Studi terus membenahi dan menata serta meningkatkan kapasitas piranti administrasi yang ada, sehingga begitu tiba waktunya (tahun 2015), maka Program Studi bisa memberikan pelayanan akademik kepada para pihak secara optimal.  Saat ini, sebagian besar fungsi administrasi masih ditangani Jurusan, mengantar-habiskan mahasiswa yang menggunakan kurikulum lama (2004).

  • Untuk melaksanakan semua kegiatan tersebut Program Studi dilengkapi dengan personel, yang jumlahnya terus disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal personil Program Studi tidak mencukupi untuk menyelesaikan pekerjaannya, Program Studi  mengkomunikasikan kebutuhannya dengan jurusan untuk mendapatkan tambahan tenaga.  Kinerja tambahan personil yang bersangkutan dihargai dan dicatat dalam Logbook sebagai dasar perhitungan tunjangan kinerja pegawai.
  • Memasuki era persaingan global, Program Studi terus meningkatkan kinerjanya, tidak saja dengan mengandalkan kemampuan internal, tetapi juga memadukannya dengan kemampuan lingkungan eksternal. Membangun jaringan kerjasama (net working) dengan lembaga terkait adalah merupakan suatu keniscayaan, guna pencapaian visi misi go international pada tahun 2025.

 

Manajemen kelembagaan

Disamping personel, Program Studi juga dilengkapi dengan pranata kelembagaan berupa aturan dan prosedur operasional baku (POB) yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan Program Studi.  Pranata dan aturan tersebut antra lain:

  1. Statuta Unram
  2. Peraturan dan keputusan Dekan dan jajarannya;
  3. Peraturan dan keputusan senat Fakultas Pertanian;
  4. Buku Pedoman Fakultas Pertanian Unram yang terus diperbaharui,
  5. Renstra Fakultas dan Renstra Program Studi;
  6. POB Program Studi /Fakultas;
  7. Buku pedoman penjaminan mutu;
  8. Keputusan dan surat edaran ketua Program Studi ;
  9. Pakta Integritas Program Studi, yang merupakan pernyataan komitmen semua unsur Program Studi, dalam mengemban tugas lembaga;
  10. Logbook kinerja pengurus dan staf Program Studi, yang merupakan rekam jejak kinerja semua unsur Program Studi ;
  11. Spanduk dan slogan propaganda yang mencerminkan profil dan semangat Program Studi.

Semua pranata dan aturan tersebut di atas dijadikan dasar dalam pengelolaan Program Studi dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan Program Studi.  Dengan pranata tersebut dimungkinkan personil untuk saling mengawasi, sesuai dengan rambu rambu yang sudah diatur dalam POB maupun tata tertib.

 

Sistem informasi akademik

Sistem informasi yang digunakan oleh Program Studi untuk mendukung proses pembelajaran menggunakan program SIAKAD secara online (Sistem Admiistrasi dan Informasi Akademik).  Melalui sistem ini, kegiatan penjadwalan kuliah, pengisian KRS, pengentrian nilai mata kuliah oleh Dosen, pemantauan nilai mata kuliah oleh mahasiswa, dan print kartu hasil studi dan transkrip nilai dapat dilakukan secara online.  Sistem ini dapat berjalan dengan lancar karena didukung oleh ada WIFI (UNRAM HOSPOT) pada setiap sudut kampus yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen.  Pada semua ruang kelas juga tersedia LCD projector yang dapat dimanfaatkan oleh dosen pada saat kegiatan perkuliahan.  Selain itu, mahasiswa dan dosen juga dapat memanfaatkan buku pustaka yang di perpustakaan Fakultas Pertanian dan perpustakaan UNRAM.

 

Keuangan/pendanaan

Sumber dana untuk kegiatan operasional Program Studi Agribisnis adalah berasal dari APBN dan PNBP. Sebagian besar dana PNBP berasal dari pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

 

Mutu lulusan

Dalam rangka meningkatkan mutu lulusan, link and match perguruan tinggi dengan dunia usaha/kerja maka proses evaluasi kurikulum dan SAP harus dilaksanakan secara kontinyu/berkelanjutan.  Hal ini dilakukan untuk membekali lulusan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk menjawab tuntutan perkembangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan kerja.  Evaluasi kurikulum dilakukan dengan mengamati perkembangan tuntutan pasar dunia kerja memasuki kancah persaingan global, agar profil lulusan yang diinginkan Program Studi bisa tercapai.  Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala setiap lima tahun, namun pemunculan gagasan perubahan dilakukan pengumpulannya sebelumnya untuk ditetapkan dan disyahkan perubahannya melalui workshop atau kegiatan sejenisnya.  Dosen mata kuliah bahkan berkesempatan untuk melakukan uji coba materi perubahan tersebut untuk mendapatkan umpan balik dari mahasiswa. Mutu lulusan Program Studi Agribisnis tidak lepas dari capaian kompetensi lulusan yang diharapkan seperti yang disampaikan pada bagian sebelumnya.

 

Mutu institusi

Mutu institusi Program Studi Agroekoteknologi dapat dinilai dari seberapa besar program studi dapat mencapai Standar Mutu Institusi (SMI). Standar Mutu institusi merupakan standar yang ditetapkan secara internal oleh Universitas Mataram di luar dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Standar Nasional Pedidikan adalah kriteria minimal tentang pembelajaran pada jenjang pendidikan tinggi di perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saat ini Program Study Aroekoteknologi berakreditasi B dan sedang dalam pengusulan untuk reakreditasi dan diharapkan dapat berakreditasi A.