Scroll to Top

Fasilitas

By Muis Faperta / Published on Thursday, 31 Aug 2017 03:18 AM / Comments Off on Fasilitas

LABORATORIUM, UNIT PELAYANAN TEKNIS, DAN FASILITAS LAINNYA

Untuk mendukung pelaksanaan proses pendidikan di Fakultas Pertanian Unram, disediakan laboratorium dan unit pelayanan teknis (UPT) dan fasilitas penunjang lainnya. Laboratorium pendidikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian mahasiswa maupun dosen karena telah dilengkapi peralatan yang cukup memadai. Adapun laboratorium tersebut adalah:

  1. Laboratorium Agronomi dan Hortikultura

Ketua : Dr. Ir. Bambang Budi Santoso, M.Sc.Agr.

Terakreditasi oleh Bappeti, Kementerian Perdagangan dan Industri Republik Indonesia sebagai Lembaga Penilaian Kesesuaian untuk Pengujian Mutu Barang Komoditi (Jagung, Gabah dan Beras) dalam Sistem Resi Gudang

Laboratorium Kimia Tanah

Ketua : Dr. Ir. Lolita Endang S. MP

Laboratorium Fisika Tanah

Ketua : Ir. Padusung, MP                                                                                             

Laboratorium Mikrobiologi 

Ketua : Ir. H. Agus Rohyadi, SU., Ph.D.    

Laboratorium Pemuliaan Tanaman dan Teknologi Benih

Ketua : Dr. Ir. I Wayan Sudika, MS

 Laboratorium. Proteksi Tanaman

Ketua : Dr. Ir. Merry Windarningsih, M.Si

 Laboratorium Fisiologi dan Bioteknologi

Ketua : Ir. Aluh Nikamatullah, MSc.,Ph.D.

Laboratorium Manajemen Usahatani dan Ekonomi Pertanian

Ketua : Dr. Ir. Hayati, M.Hum

Laboratorium Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Ketua : Dian Miharja, SP., M.Si. 

Laboratorium Komputer dan Statistika

Ketua : Drs. Sri Maryati, MP.

Unit Pelayanan Teknis Penunjang Pendidikan dan Penelitian

Ketua : Ir. R. Sri Tedjo Wulan, M.Sc., Ph.D.

Sudah pasti bahwa fasilitas merupakan faktor penyumbang utama dalam melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi. Kampus Fakultas Pertanian dilengkapi dengan rumah kaca, Teaching Farm Narmada, kantor untuk staf administrasi di gedung baru beserta ruang kuliah dan kantor administrasi, ruang baca (Reading Room), tiga unit rumah kaca, ruang untuk kegiatan mahasiswa, kantin, dan musholla, serta laboratorium yang telah diuraikan di atas.  Ruang kuliah (kelas) telah dilengkapi dengan LCD dan fasilitas AC sehingga proses belajar-mengajar berjalan sangat baik. Semua fasilitas sudah dilengkapi akses online (internet), selain itu juga fasilitas olahraga seperti bola basket, voley, futsal, bulu tangkis, pimpong sudah dibangun.

Perpustakaan yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan dosen yaitu perpustakaan pusat (Universitas) dengan koleksi buku, jurnal, bahan-bahan audiovisual, dan ruang baca di fakultas yang secara khusus melayani mahasiswa di Fakultas Pertanian dengan koleksi buku dan jurnal dan bahan audiovisual. Masing-masing program studi juga menyediakan ruang baca yang dilengkapi dengan berbagai buku teks dan jurnal yang spesifik untuk masing-masing program studi (diperoleh dari proyek hibah DUE-like dan proyek SP4). Perpustakaan Unram juga menyediakan open acces online untuk e-jurnal dan e-book melalui perpustakaan.unram.ac.id/e-resources/e-journal; e-rosources perpusnas. go.id, termasuk berlangganan dengan Springer Link.

Tiga unit rumah kaca yang dimiliki adalah sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan penelitian yang membutuhkan lingkungan terkendali. Ketiga unit rumah kaca ini kadang-kadang tidak cukup untuk mengakomodasi kebutuhan penelitian mahasiswa maupun penelitian dosen. Untuk mengatasi hal itu, para dosen dan mahasiswa membuat rumah plastik sederhana di sekitar area kampus. Kebun percobaan tersebar di banyak lokasi seperti kebun percobaan untuk penelitian pada aspek ekologi lahan kering, yang terletak di kawasan Akar-Akar, Kabupaten Lombok Utara seluas 5 hektar dan kebun percobaan lahan basah seluas 4,15 hektar yang terletak di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.