Fakultas Pertanian UNRAM Resmi Memiliki TUK Mandiri dan Laksanakan Uji Kompetensi Sertifikasi Fasilitator Pertanian Organik

Fakultas Pertanian Universitas Mataram meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri untuk uji sertifikasi Falisitator Pertanian Organik yang dirangkaikan dengan kegiatan uji kompetensi sertifikasi kepada 55 orang peserta uji kompetensi, Jum’at (28/8).

Peresmian kegiatan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Wakil Dekan I Fakultas Pertanian Unram Dr. Ir. Bambang Budi Santoso, M.Sc. Agr., kemudian turut hadir Dr. Ir. I Nyoman Oka Tridjaja, M.App.Sc., selaku Pimpinan Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) Jakarta selaku mitra kerja menaungi TUK Mandiri Fakultas Pertanian, dan Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP.,Ph.D selaku Kepala TUK Fakultas Pertanian Unram.

Peresmian kegiatan uji kompetensi Fasilitator Bidang Pertanian Organik secara simbolis

Dr. Ir. Bambang Budi Santoso, M.Sc. Agr., yang mewakili Dekan Fakultas Pertanian Unram mengapresiasi kinerja kepala TUK dan seluruh Personil TUK Mandiri sehingga saat ini Fakultas Pertanian resmi memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri, dalam sambutannya Wakil Dekan I Fakultas Pertanian ini menyampaikan pentingnya pertanian organik dan perlunya sertifikasi pertanian organik khususnya bagi mahasiswa sebagai kompetensi tambahan maupun alumni, praktisi bahkan dosen sehingga memiliki lisensi dalam menerapkan praktik pertanian organik dan ikut mendukung program nawa cita pemerintah.

Kemudian, Dr. Ir. I Nyoman Oka Tridjaja, M.App.Sc., dalam sambutannya menyampaikan selamat atas diresmikannya TUK Mandiri Fakultas Pertanian Unram yang merupakan TUK Mandiri ke 8 Se-Indonesia, dia menjelaskan bahwa dengan adanya TUK Mandiri ini, Fakultas Pertanian sudah bisa melakukan uji kompetensi sertifikasi pertanian organik secara mandiri karena telah memiliki asesor sendiri sebanyak 4 orang yaitu Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP.,Ph.D, Dr. Ir. Kisman, M.Sc., Muhammad Nursan, S.P.,M.Si dan Pande Komang Suparyana, S.TP.,M.Agb. Selain itu juga “silahkan mempromosikan TUK mandirinya yang memiliki sebanyak 15 skema sertifikasi kepada mitra kerja seperti perguruan tinggi lainnya, pemda, dan praktisi pertanian organik yang ada di NTB” jelas pak Oka.

Senada dengan Pimpinan LSPPO Jakarta, Prof. Ir. M. Sarjan, M.Ag.CP.,Ph.D, selaku kepala TUK Fakultas Pertanian Unram menjelaskan bahwa dalam mengwujudkan SDM pertanian organik di NTB, saat ini TUK Mandiri Fakultas Pertanian sudah mulai berkoordinasi dengan perguruan tinggi lainnya, pemda, dan praktisi pertanian organik yang ada di NTB untuk dapat mengikuti uji kompetensi sertifikasi pertanian organik di TUK Mandiri Fakultas Pertanian Unram.

Foto bersama para peserta kegiatan uji kompetensi Fasilitator Bidang Pertanian Organik
Foto bersama para peserta kegiatan uji kompetensi Fasilitator Bidang Pertanian Organik