Kerjasama


Sebagai suatu Fakultas Pertanian yang ingin berkembang lebih cepat, dan pada sisi lainnya menyadari adanya kekurangan dalam pemenuhan beberapa dukungan sarana dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka menjalin Kerjasama dengan pihak-pihak terkait baik sesama perguruan tinggi, maupun instansi lain (international dan juga nasional) perlu dilakukan.

Menjalin kerja sama ditujukan untuk peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Saling berbagi kekuatan, baik itu sumber daya manusia, sistem, dan fasilitas lainnya. Generasi muda Indonesia perlu dibekali keterampilan yang mumpuni untuk menghadapi persaingan global di masa depannya. Kurangnya fasilitas pendidikan akan menghambat upaya tersebut.

Kerja sama yang dilakukan Fakultas Pertanian Universitas Mataram merupakan hal penting dilaksanakan untuk menyiapkan mahasiswa siap pakai. Lulusan yang memiliki kompetensi dan memiliki kualifikasi sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja saat ini yang didominasi sector industri. Untuk itu, Fakultas Pertanian Universitas Mataram merasa perlu membuat perencanaan kerja sama yang sesuai dengan profil program studi yang ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi.

Selain itu, kerja sama yang dijalin diharapkan juga menguntungkan Fakultas Pertanian Universitas Mataram dalam hal promosi, reputasi, kepercayaan, networking, kontribusi bagi masyarakat dan industri serta menimbulkan kepercayaan diri mahasiswa.

Ada beberapa ruang lingkup perjanjian kerjasama yang difokuskan oleh Fakultas Pertanian Mataram, yaitu 1) Penyelenggaraan pendidikan akademik, 2) Pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 3) Pengembangan dan pemanfaatan sarana Pendidikan-pembelajaran seperti laboratorium, 4) Penyediaan bantuan tenaga ahli, 5) Penyediaan dan pengelolaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan dan pogram lainnya, 6) Pengembangan sumber daya manusia melalui pogram pendidikan lanjutan, pelatihan, dan magang, 7) Pelaksanaan praktik lapangan, kuliah kerja nyata, dan magang bagi Mahasiswa, dan 8) Bidang lainnya yang relevan dengan strategi pembangunan wilayah (daerah).

Oleh karena itu, Fakultas Pertanian Universitas Mataram telah menjalin Kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun International. Demikian juga dengan instansi swasta maupun instansi pemerintah.