Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (Himakel) Fakultas Pertanian Universitas Mataram, berkolaborasi dengan Wilker NTB Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, Komunitas Penyelam Nusa Tenggara Barat (Kapela NTB), Perkumpulan Penyelam Profesional Lombok Sumbawa (P3LS), Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan, Wildlife Conservation Society (WCS) NTB, PT Indonesia Power PLTU Jeranjang OMU, Bank NTB Syariah,Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio), Marine Biology Club (MBC), Riset Kelautan dan Perikanan (RKP) Universitas Mataram, Grahapala Rinjani (Mapala) Universitas Mataram peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76 di Pantai Pandanan, Lombok Utara (17 Agustus 2021).

Rangkaian peringatan diawali dengan sambutan Koordinator WIlker NTB BPSPL Denpasar, Kapela NTB, P3LS, Pokmaswas Pandanan dan Prodi Ilmu Kelautan Unram

Acara berikutnya diisi dengan serah terima Bantuan CSR dari PT Indonesia Power PLTU Jeranjang OMU kepada Pokmaswas Pandanan berupa dana untuk monitoring karang yang telah ditransplantasi pada bulan Juli lalu mulai Agustus hingga Desember 2021. Selanjutnya, BPSPL Denpasar menyampaikan apresiasi tinggi kepada Indonesia Power atas dukungan ini dengan memberikan piagam penghargaan.

Launching Kartu Anggota Kapela NTB yang sekaligus berfungsi sebagai ATM Bank NTB Syariah juga dilakukan dalam rangkaian kegiatan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Pantai Pandanan diikuti dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta.

Tim Penyelam kemudian melakukan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Taman Laut Pandanan. Tak kurang dari 15 penyelam bergabung mengibarkan bendera Merah Putih tersebut yang berukuran cukup besar, yaitu 2 x 3 meter.

Kegiatan diakhir dengan pembagian hadiah terhadap pemenang lomba-lomba yang diadakan oleh panitia.