PRESTASI

SATU SUKSES ke SUKSES LAINNYA

Seorang mahasiswa sudah seharusnya selama di kampus mampu memaksimalkan perannya pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam rangka belajar dan meningkatkan kemampuan. Mengapa, itulah yang dipersyaratkan untuk menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu dan berpengetahuan, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya agar dapat menjadi lulusan yang mandiri yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu berdaya saing ketika sudah lulus.

Salah satu indikator keberhasilan menjadi mahasiswa di kampus Pertanian Universitas Mataram adalah dengan banyaknya prestasi yang ditorehkan, baik itu yang sesuai dengan bidang ilmu, hobi, dan juga lingkungan aktivitas. Secara garis besar di kampus ada tiga jenis prestasi yang dapat diraih dan ditoreh oleh mahasiswa yaitu sebagai berikut: prestasi kepemimpinan, prestasi pencapaian, dan prestasi penghargaan (pengakuan).

Prestasi Kepemimpinan

Menjadi pemimpin merupakan sebuah prestasi yang harus dan dapat diraih mahasiswa ketika di kampus. Kemampuan menjadi pemimpin tidak dapat diperoleh dengan begitu saja tentunya ada proses panjang sehingga seseorang diangkat menjadi pemimpin, itulah sebabnya menjadi pemimpin adalah sebuah prestasi. Dalam sebuah organisasi kemahasiswaan sebanyak apapun anggotanya yang jadi ketua pasti hanya satu orang, artinya yang menjadi pemimpin adalah mahasiswa yang istimewa sehingga diakui oleh teman-temannya untuk memimpin.

Prestasi Pencapaian

Prestasi pencapain merupakan prestasi mahasiswa pada satu atau beberapa bidang ilmu tertentu yang diperoleh melalui mekanisme kompetisi yang diselenggarakan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/regional/ nasional/provinsi. Prestasi pencapaian adalah prestasi yang diperoleh malalui mekanisme kompetisi, dengan outputnya adalah pemeringkatan dari hasil kompetisi tersebut.

Prestasi Penghargaan/Pengakuan

Prestasi penghargaan atau pengakuan merupakan pemberian/penghargaan/ pengakuan yang diberikan oleh lembaga atau asosiasi tingkat internasional/ regional/nasional/provinsi atas raihan prestasi mahasiswa pada satu atau beberapa bidang ilmu tertentu yang diperoleh atas jasa/upayanya dalam perkembangan Iptek atau memberikan manfaat kepada masyarakat. Sederhananya prestasi penghargaan atau pengakuan tidak diukur dengan output pemeringkatan akan tetapi diukur dengan kepuasan dan kebermanfaatan yang diberikan sehingga diakui oleh banyak pihak.

Beberapa mahasiswa Fakultas Pertanian Unram yang telah berhasil mengukir prestasi berikut adalah profil mereka.

Posted by BBS and Team